Warna packaging harus bisa menarik konsumen, kamu sebagai pemilik brand harus tau karakter yang mau dibangun seperti apa. Disaat seorang konsumen akan membeli suatu produk, yang dilihat pertama kali adalah warna dari packagingnya itu sendiri. Sebelum memilih untuk menggunakan satu warna atau lebih, lebih baik cari tau dulu arti setiap warna yang sesuai dengan karakter brand kamu.
Pengaruh warna yang kuat, bisa membuat konsumen jadi tertarik untuk membeli. Tidak hanya tertarik membeli saja, tapi konsumen akan ingat brand kamu yang menjual produk itu. Setiap warna itu memiliki makna yang berbeda – beda, jadinya penting untuk memilih warna yang sesuai, dengan warna yang akan kamu pilih. Konsumen yang merasa positif atau cocok pasti akan membeli produknya.
Untuk memberikan informasi dari sebuah produk, kamu bisa menggunakan warna yang sesuai. Contohnya warna merah bermakna keberanian, energi dan kekuatan. Sebagai brand, dengan memahami pentingnya warna di packaging bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menciptakan karakter brand serta meningkatkan daya tarik produk.
Jangan asal pilih warna saja. Warna itu penting untuk konsumen mengenali produk dari brand. Kamu harus memikirkan, warna yang bisa menunjukan karakter brand tidak ? atau visualnya sudah cocok sama produknya belum ? Ini 5 rekomendasi warna yang bisa dipakai untuk brand packaging produk kamu :
- Merah
Seperti yang sudah disebutkan diatas, warna merah bermakna keberanian, semangat dan daya tarik. Banyak brand terkenal membangun karakter brand yang kuat menggunakan warna merah. Seperti brand kosmetik jaman dulu yaitu kelly. Khususnya produk bedak, kelly menggunakan warna merah untuk dipakai di packagingnya untuk menunjukan daya tarik perempuan ketika memakainya. Selain itu warna merah di packaging bisa terlihat stand out dibandingkan dengan produk yang lainnya.
- Cokelat
Cokelat memberikan makna seperti kehangatan, keaslian dan juga kualitas. Contohnya brand yang memakai warna cokelat adalah Van Houten Cocoa. Mereka menjual produk cokelat bubuk dan ingin menunjukan kalau produknya terbuat dari bahan yang asli juga punya kualitas. Warna cokelat ini bisa dipakai untuk menunjukan karakter brand yang hangat dan nyaman.
- Kuning
Warna kuning memberikan makna seperti keceriaan, kegembiraan dan energi. Brand vitamin dan suplemen banyak yang memakai kuning sebagai warna di packagingnya. Contoh salah satu brand yaitu vitacimin yang memakai warna kuning untuk menunjukan produknya kalau bisa meningkatkan energi atau menambah daya tahan tubuh.
- Biru
Warna biru memberikan makna seperti kepercayaan, ketenangan dan kestabilan. Menggunakan biru ingin menunjukan bahwa brand yang bisa dipercaya karena memiliki reputasi yang baik. Seperti hannocs sebagai brand lampu yang memberikan kepercayaan serta kualitas di produknya. Warna ini bisa kamu pakai untuk brand dan produk yang berhubungan dengan barang elektronik, minuman dan yang lainnya.
- Hijau
Warna hijau memberikan makna seperti alami, kesehatan dan kesegaran. Menggunakan hijau di packaging bisa menunjukan kalau produknya terbuat dari bahan alami, memberi rasa kesegaran dan peduli terhadap lingkungan. Brand seperti close up memakai warna hijau karena bisa memberikan kesegaran ketika konsumen mengkonsumsi produknya.
Alasan memilih warna yang sesuai supaya brand bisa menunjukan karakter brand seperti apa. Selain itu bisa menciptakan kedekatan hubungan emosional dengan konsumen serta pandangan terhadap brand dan juga produknya. Pemilihan warna juga bisa membantu brand membedakan dirinya, memiliki warna yang khas menciptakan karakter yang kuat dan dari menggunakan warna konsisten packaging lebih mudah untuk konsumen mengingatnya. Untuk memilih warna bukan hal yang mudah, tapi kamu bisa memaksimalkan warna itu menjadi ciri khas dan daya tarik dalam jangka panjang.